Selasa, 03 November 2009

Processor ? Apaan tuh?

Mungkin sebagian dari kalian pernah bertanya: Apaan sih processor itu?
Sebagian dari penanya mungkin sudah berhasil mengetahui rincian keterangan processor secara lengkap seiring dari waktu, adapula yang hanya asal tahu alias tahu tapi asal-asalan. Ada juga yang tidak mau tahu menahu dan lebih memilih makan tahu (enggak lucu)

Nah! saya yang baik hati ini akan memberi pengetahuan buat anda sekalian yang belum tahu-menahu soal komponen hardware wajib lapor di setiap komputer, which is of courseeee~ PROSESOR!



Sebelum menyelam lebih jauh ke keterangan yang lebih rinci, ada baiknnya kita tahu menahu etimologi dari kata prosesor. Prosesor diambil dari kata process(Eng.) : yang memiliki arti rangkaian tindakan, pembuatan, atau pengolahan yg menghasilkan produk. Sementara imbuhan -or biasa digunakan untuk entitas/unit yang melakukan suatu kegiatan. Nah, processor sendiri berarti unit yang melakukan sebuah rangkaian pengolahan yang menghasilkan produk, dalam hal perkomputeran produk yang dihasilkan adalah data.

Definisi dari prosesor di KBBI :

pro·se·sor
/prosésor/ n alat untuk memproses data; pengolah data

Prosesor merupakan salah satu komponen inti dari sebuah komputer. Seperti disebutkan diatas, prosesor bertugas untuk mengolah data yang di input kedalam komputer.

2 Provider dari processor yang terkenal :
Intel dan IBM

contoh bentuk processor :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar